Catatan Singkat Performa PDAM Jepara Jelang Akhir Tahun 2024

Catatan Singkat Performa PDAM Jepara Jelang Akhir Tahun 2024, Selasa (10/12/2024).
JEPARANEWS | JEPARA - Perumda Air Minum Tirta Jungporo Kabupaten Jepara atau PDAM Jepara adalah perusahaan daerah yang melayani air bersih untuk masyarakat jepara. Pelanggan yang terlayani berjumlah 53.596 dengan cakupan pelayanan teknik sebesar 14%.
Direktur Utama Perumda Tirta Jungporo, Sapto Budiriyanto, Selasa (10/12/2024) lewat pesan WhatsApp menyampaikan tentang beberapa hal yaitu:
Kendala-kendala yang dihadapi perusahaan PDAM Jepara antara lain:
1. Belum terlaksananya penyesuaian tarif sejak tahun 2010 hingga 2024 (14 tahun).
2. Penurunan debit air dari sumber air baku karena musim kemarau berkepanjangan.
3. Air baku dari instalasi pengolahan air (IPA Bongpes) untuk reservoir (tempat penyimpanan cadangan air) yang berada di Desa Gerdu, Kecamatan Pecangaan saat kemarau terkendala debit air sungai SWD II turun, dibarengi dengan adanya dampak proyek normalisasi sungai tersebut dikerjakan pada tahun ini (2024). Ketika musim penghujan intensitas tinggi, air keruh dan berlumpur, sehingga IPA Bongpes tidak bisa mengolah untuk menjadi air bersih.
Meskipun demikian, perusahaan tetap bersemangat melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan. Upaya telah dilakukan untuk meningkatkan pelayanan pelanggan, baik dari segi teknis maupun dari segi administrasi.
Dari segi teknis dilakukan antara lain:
1. Mencari sumber mata air baru dengan teknik pengeboran air sumur bor dari sumber air di dalam tanah (akuifer).
2. Pembuatan sumur produksi sebanyak 9 unit dan 1 unit sumur bantuan dari BBWS pada tahun 2020 dan 2 unit sumur pada tahun 2023.
3. Meningkatkan pelayanan dengan pembentukan tim reaksi cepat (TRC) yang siap siaga 24 jam di kantor pusat mengatasi gangguan pelayanan.
4. Memaksimalkan air baku yang tersedia dengan berbagai metode antara lain dengan penyempurnaan jaringan pipa.
5. Droping air bersih kepada pelanggan dan non pelanggan yang kekurangan air bersih.
Hasil dari berbagai upaya tersebut bisa terlihat dari audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tahun buku 2023 sebagai berikut:
1. Kinerja Perumda Air Minum Tirta Jungporo Kabupaten Jepara tahun buku 2023 berdasarkan Kepmendagri No. 47 Tahun 1999 dengan kategori CUKUP dengan total skor 56.74.
Indikator kinerja ini terdiri dari 3 aspek yaitu aspek keuangan, aspek operasional dan aspek administrasi.
2. Kinerja Perumda Air Minum Tirta Jungporo Kabupaten Jepara tahun buku 2023 berdasarkan PermenPUPR kategori SEHAT dengan total skor 2.92.
Indikator kinerja ini terdiri dari 4 aspek yaitu: aspek keuangan, aspek pelayanan, aspek operasional dan aspek sumber daya manusia.
3. Tercapainya laba bersih tahun 2023 sebesar 313,58% (Rp. 786.122.529,-), dibandingkan dengan rencana kerja anggaran laba sebesar Rp. 250.690.764,-
Editor :Eko Mulyantoro
Source : Sapto Budiriyanto